Contoh berikut akan menambahkan objek berupa segi empat dan lingkaran. Untuk membuat segi empat, klik ‘Rectangle Tool’ pada Toolbox, klik pada bidang gambar, kemudian tarik sesuai ukuran segi empat yang diinginkan dan selamat, sebuah segi empat telah ditambahkan pada bidang gambar anda. Lakukan cara yang sama untuk menambahkan sebuah lingkaran, tetapi sebelumnya klik pada ‘Ellipse Tool’ sebelum anda mulai melakukan klik dan tarik pada bidang gambar. Setiap bentuk objek sebenarnya memiliki shortcut tombol keyboard masing-masing untuk mempercepat proses desain. Temukan beberapa diantaranya melalui eksperimen, dan cobalah membuat objek-objek yang lainnya!
Catatan ketika menambahkan objek teks :
Jika anda ingin menambahkan teks tanpa
batas segi empat – misalkan kalimat slogan atau judul, klik ‘Text Tool’ kemudian
cukup sekali klik pada bidang gambar, dan ketikkan teks yang anda inginkan.
Jika anda melakukan dengan cara yang sama seperti contoh di atas (klik dan
tarik) saat menambahkan objek teks, maka akan tercipta sebuah batas segi empat yang
menjadi tempat menuliskan teks anda. Batas ini berfungsi seperti batas kolom
pada majalah.
Catatan ketika menambahkan objek :
Agar menghasilkan objek yang simetris, tekan Ctrl + Shift
saat menggambar objek
Menambahkan Objek
Gambar Berformat Lain
Tidak hanya objek
asli dari CorelDRAW yang dapat kita taruh di atas bidang gambar. Seandainya
anda memiliki citra atau gambar yang dibuat dengan software grafis lainnya,
objek tersebut dapat dimasukkan pula ke dalam bidang gambar, jika format objek
tersebut didukung oleh CorelDRAW. Format gambar lain yang didukung misalnya
adalah EPS (Encapsulated PostScript), AI (Adobe Illustrator), SVG (Scalable Vector
Graphics – format gambar terbuka), serta format-format citra umum seperti BMP
(bitmap), JPG, GIF, PNG (Portable Network Graphics – format citra terbuka) dan sebagainya.
Caranya adalah sebagai berikut:
a. Klik pada menu
‘File > Import’, atau bisa juga dengan menekan ‘Ctrl + I’ pada keyboard.
b. Muncul kotak
dialog ‘Import’ untuk memilih gambar, pilih gambar yang dikehendaki, kemudian
klik tombol Import
c. Muncul placeholder
untuk meletakkan gambar di bidang gambar, gerakkan mouse ke tempat yang
dikehendaki, kemudian klik untuk menempatkan gambar tersebut.
d. Objek selesai
diimpor ke bidang gambar. Objek ini masih bisa digeser jika letaknya kurang pas
dengan cara klik pada bagian objek yang bukan bagian tengahnya, kemudian tarik
ke lokasi yang diinginkan.
Penting tentang impor citra!
Citra hasil impor
yang memiliki warna latar belakang putih belum tentu akan berubah menjadi latar
belakang transparan ketika menjadi sebuah objek. Hanya format citra *.gif dan
*.png, dan gambar dari aplikasi vektor lainnya yang latar belakangnya dapat terlihat
transparan; itu pun dengan syarat tertentu yang terkait dengan cara penyimpanan
gambar tersebut pada waktu dibuat.
Sekian Posting Kali ini. Simak terus update berikutnya.
Next Post : Memanipulasi Objek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar